Dampak Baik dan Buruk Bermain Game Online

Bermain game online tidak hanya disukai dan di gemari oleh anak-anak saja. namun game online juga banyak digemari oleh para remaja dan bahkan digemari oleh orangtua. Game online adalah sebuah permainan yang hanya dapat dimainkan dengan sambungan internet saja. game online ini dapat di mainkan dengan menggunakan komputer, handphone, maupun laptop. Bahkan untuk saat ini handphone telah hadir dengan kecangginan android. Jadi game apa saja dapat dimainkan dengan menggunakan handphone. Tentunya juga mudah dibawa kemana saja. karena dengan ringan dan mudah nya diletakkan dimana saja. salah satu game online yang digemari oleh para pecinta game adalah COC, Get Rich, Pokemon. Bahkan pada masa zamannya game tersebut gencar-gencarnya sering kita lihat orang dijalan maupun dimana saja duduk dan memainkannya game tersebut.

Bermain game online bisa memberikan dampak positif terhadap pengguna dan penggemar game online. Karna dengan adanya game online, kenakalan remaja mulai berkurang, karena memiliki kesibukan yaitu main game online. Banyak remaja yang melakukan kenakalan yang disebabkan tidak memiliki kesibukan dan tidak memiliki kegiatan. Untuk itu para remaja minum-minuman ber alkohol, makan shabu-shabu, ataupun melakukan hal buruk lainnya. Tentunya dapat merugikan diri sendiri, maupun orang di sekelilingnya. Selain itu dampak positifnya adalah jika para pecinta game online memainkan dengan menggunakan laptop, komputer ataupun dengan smartphone, dapat berkomunikasi dengan saudara ataupun rekan-rekannya yang jauh. Selain itu dapat meningkatkan konsentrasi, dan mengetahui alat-alat elektronik yang digunakan tersebut.

Dibalik nilai positif dari bermain game online, namun ada juga nilai egatif yang diakibatkan karena adanya permainan tersebut. Diantaranya adalah jika anak-anak memainkan game online maka mereka akan kecanduan tentunya mereka akan malas untuk belajar. Proses tumbuh kembang juga tidak dapat dimiliki oleh para pecandu game online tersebut. Selain itu bagi para pemain game online tidakk dapat berosialisasi terhadap lingkungan sekitar, karena terlalu asyik dengan permainan game tersebut. Bahkan rasa acuh tak acuh pun sering dilaminya karena mereka tidak memperdulikan lingkungan sekitar, dan hanya berfokus pada game tersebut.